Rabu, 08 Juni 2011

Gaya Hidup Hedonisme

PENYEBAB SERTA AKIBAT HEDONISME
Penyebab Hedonisme
Ada dua faktor penyebab hedonisme, yaitu faktor ekstern dan faktor intern.
“Faktor Ekstern”
Derasnya arus industrialisasi dan globalisasi yang menyerang masyarakat merupakan faktor yang tak dapat dielakkan. Nilai-nilai yang dulu dianggap tabu, kini dianggap biasa. Media komunikasi, khususnya media iklan memang sangat bersinggungan dengan masalah etika dan moral. Melalui simbol-simbol imajinatif media komunikasi massa jelas sangat memperhitungkan dan memanfaatkan nafsu, perasaan, dan keinginan.
Abu Al Ghifari mengatakan bahwa,
“Dari semua tawaran pada media-media ini, tak jarang menjadikan seks sebagai sarana hiburan. Aurat untuk menarik massa yang tak layak disembunyikan lagi. Kini daerah-daerah aman wanita sudah tak ada lagi dari bidikan kamera film-film yang mempertontonkan bagian-bagian yang vital, sehingga televisi tak lebih dari hedonisme media masa kini.”
Dalam hal ini seluruh media informasi yang ada turut serta ambil bagian dalam menentukan paham hedonisme terjerat pada seseorang. Perilaku Hedonis tidak terlepas daripada pergaulan sesama dalam kota-kota besar yang lebih menyukai kesenangan dan kenikmatan. Pendapat di atas itu dibenarkan oleh dosen Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Inna Mutmainah. Dijelaskan oleh Inna, “Anak muda memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan berkomunitas. Mereka paling senang nongkrong bersama kelompok dan teman-teman sebayanya.” Dalam bergaul ini, selalu ada tekanan dari dalam diri si anak untuk melakukan hal yang sama dengan teman satu kelompok. Nah, tekanan itu akan membuat dia mempertanyakan kembali nilai yang selama ini telah tertanam dalam dirinya. Jika seseorang tinggal dalam lingkungan yang hidupnya suka berfoya-foya, mengejar kenikmatan, maka dengan sendirinya orang tersebut akan mengikuti gaya hidup yang telah ditanamkan dalam lingkungan pergaulan tersebut.

“Faktor Intern”
Sementara itu dilihat dari sisi intern, lemahnya keyakinan agama seseorang juga berpengaruh terhadap perilaku sebagian masyarakat yang mengagungkan kesenangan dan hura-hura semata. Binzar Situmorang menyatakan bahwa, “Kerohanian seseorang menjadi tolak ukur dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang suka mengejar kesenangan.

Akibat Hedonisme
Manusia sangat antusias terhadap adanya hal-hal yang baru. Gaya hidup hedonis sangat menarik bagi mereka. Daya pikatnya sangat luar biasa, sehingga dalam waktu yang singkat muncullah berbagai fenomena akibat faham ini.
Cinta Diri Sendiri
Individualistis dan nafsu telah merasuki manusia modern pada saat ini. Begitu juga sikap untuk meraih kenikmatan yang berlebihan sangat kental mewarnai kehidupan pada zaman ini. Inilah pola hidup hedonis. Hidup saling gotong-royong dan bantu membantu yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia seakan telah memudar.
Materialistis
Akibat lain yang timbul dari hedonisme adalah materialistis. Rick Wilkerson mengatakan bahwa, “Materialistis ialah penghargaan yang terlalu tinggi terhadap harta benda dan barang-barang material lainnya.” Sesungguhnya mereka memandang bahwa nilai tertinggi di dunia ini ada dalam materi (benda). Kalau demikian dapatlah diketahui bahwa betapa kuatnya hasrat untuk memiliki barang-barang untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan bagi para hedonis ini. Malcolm Brownlee mengatakan bahwa, “hasrat untuk mendapat barang-barang dan uang dirangsang oleh pola hidup konsumtif masa kini sehingga nilai-nilai moral diancam.” Menghemat, hidup sederhana, kebaikan hati dan kemurahan hati makin berkurang. Hidup mewah, pemborosan, dan ketamakan makin bertambah. Karena hasratnya untuk mendapat barang-barang, banyak orang menjadi kurang peka kepada kebutuhan sesamanya dan kurang percaya kepada Allah. Orang-orang kristen juga hidup di tengah-tengah suatu peradaban yang duniawi, dan ada begitu banyak tekanan untuk menyesuaikan diri dengan situasi ini. Richard Foster mengatakan dalam bukunya Money, Sex and Power,
“Pemborosan yang menuruti kata hati merupakan suatu keranjingan jaman modern. Keinginan untuk mempunyai lebih, lebih, dan lebih lagi, jelas merupakan suatu psikosis, hal ini jelas melarikan diri dari kenyataan.”
Seks Bebas
Dewasa ini kita sering mendengar istilah “free sex” atau hubungan seks bebas. Bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan seks, guna mendapatkan kenikmatan atau kebahagian. Gaya hidup semacan ini sering dijumpai di kota-kota besar. Orang tidak lagi bebas menggunakan seks sebagai tanda cinta kasih. Mereka tidak lagi memperhatikan pasangannya dengan hormat, lemah, lembut dan setia. Akan tetapi mereka menjadikan pasangan tersebut sebagai budak hawa nafsunya untuk mendapatkan kenikamatan sesaat. Pasangannya bukan lagi dijadikan sebagai manusia yang tercinta sedaging dengannya, akan tetapi bagaimana dia memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan. Hidup adalah kesempatan untuk bersenang-senang bagi hedonis. Masa bodoh dengan pekerjaan, kuliah, yang penting senang, bahagia, dan mendapatkan kenikmatan setiap hari. Hal ini bisa dianggap sebagai efek fenomena free seks yang melanda kehidupan kaum muda sekarang ini. Tidak mengherankan ada beberapa mahasiwa dalam perguruan tinggi swasta yang hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam pergaulan kota besar seperti harus memiliki handphone, pakaian dan dandanan yang bagus, maka mereka merelakan keperawanan mereka.
Mentalitas “Instan”
Selain beberapa fenomena yang terjadi di atas, ada kecenderungan untuk memilih lebih baik hidup enak, mewah, dan serba berkecukupan tanpa bekerja keras. Titel “remaja yang gaul dan funky” baru melekat bila mampu memenuhi standar tren saat ini. Artinya mentalitas instan membawa manusia untuk tidak usah melalui proses berbelit-belit, dalam hal mendapatkan suatu kebahagian. Jika ternyata ada jalan tikus yang enak untuk dilalui, maka dilewati saja tanpa mempedulikan salah atau tidak. Itulah yang menjadi prinsip untuk mendapatkan sesuatu.
Segalanya bisa diperoleh dengan uang dan kekuasaan. Bila demikian, otomatis semua urusan beres. Akhirnya, semboyan non scholae sed vitae discimus (belajar untuk bekal dalam menjalani kehidupan) pudar dan menghilang, kata, RB Yoga Kuswandono dalam Suara Harian Merdeka. Karena yang diutamakan bukan proses melainkan hasil. Jika bisa memperoleh hasil dengan cara simpel walaupun salah, mengapa tidak dilakukan? Untuk apa harus melalui proses panjang dengan pengorbanan, kalau toh hasilnya sama.
Koentjaraningrat juga menulis bahwa, dalam masyarakat kita sekarang timbul mentalitas yang suka menerobos yaitu, “nafsu untuk mencapai tujuannya secepat-cepatnya tanpa banyak kerelaan berusaha dari permulaan secara selangkah demi selangkah.” Kecenderungan modern yang mengikuti paham hedonisme ini sangat berbeda dengan tradisi-tradisi adat Indonesia, yang menekankan sikap yang cermat. Dewasa ini ada orang-orang yang ingin memamerkan taraf hidup yang mewah dalam waktu secepat-cepatnya tanpa kerelaan untuk juga mengunyah pahit getirnya masa permulaan berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar